Minggu, 24 Juni 2012

BANK INDONESIA PERKETAT JASA PENAGIHAN KARTU KREDIT

JAKARTA - Kepala Grup Hubungan Masyarakat Bank Indonesia, Difi A Johansyah, menyatakan penagihan kartu kredit menggunakan tenaga penagihan dari perusahaan penyedia jasa penagihan hanya bisa dilakukan bila kualitas tagihan kartu kredit tergolong macet.
Hal ini diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia terkait penyelenggaraan kegiatan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK). "Debt collector sangat ketat penggunaannya. Hanya kalau macet, kalau tidak macet enggak boleh," sebut Difi, di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 15 Juni 2012.
Bank Indonesia mengklaim mereka mengatur jasa penagihan kini lebih ketat. Dalam Surat Edaran tentang Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang baru, disebutkan bahwa penagihan dengan jasa tagih bisa dilakukan bila kualitas tagihan kartu kredit termasuk macet.
Kualitas macet tersebut berdasarkan kriteria kolektibilitas sesuai ketentuan Bank Indonesia yang mengatur mengenai kualitas kredit. Dalam aturan BI, penerbit kartu kredit harus menjamin kualitas pelaksanaan penagihan kartu kredit oleh perusahaan penyedia jasa.
Ada sejumlah ketentuan etika yang harus dipenuhi jasa penagih. Penagih harus menggunakan kartu identitas resmi yang dikeluarkan penerbit kartu kredit. Kartu itu pun harus dilengkapi dengan foto diri penagih. Proses penagihan pun dilarang dilakukan dengan menggunakan cara ancaman, kekerasan dan/atau tindakan yang bersifat mempermalukan pemegang kartu kredit. Penagihan dilarang dilakukan dengan menggunakan tekanan secara fisik maupun verbal.
"Penagihan dilarang dilakukan kepada pihak selain pemegang," sambung Difi. Aturan BI pun mewajibkan bahwa penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili pemegang kartu. Lebih detil lagi, penagihan hanya dapat dilakukan pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 wilayah waktu alamat pemegang kartu kredit.
"Sekarang kita atur lebih rigid-lah, lebih detil," pungkas Difi. | sumber: kompas

Dikutip oleh :
Goman / Iwan
PIN BB 21567E37

1 komentar:

  1. Përshëndetje, emri im është Julia Simon, një viktimë të mashtrimit në duart e huadhënësve të rreme. i kanë humbur rreth 29.000 €, sepse i nevojitet një kapital të madh prej 75.000 €. i pothuajse të vdekur, i kishte ku të shkojnë. biznesi im u shkatërrua, dhe në proces i ka humbur djalin tim. Unë nuk mund të qëndrojë kjo ndodh përsëri. në dhjetor 2014, i takoi një mik i cili më njohu me një nënë të mirë, znj Augusta Ibramhim, që në fund ndihmoi mua të siguruar një kredi në një kompani. nënë e mirë i duan të përdorin këtë mundësi për të ju falenderoj, dhe Perëndia të vazhdojë të bekojë. Unë të doja të shfrytëzoja këtë mundësi për këshillë e shqiptarëve, se ka shumë të përhershme atje, kështu që nëse keni nevojë për një kredi, dhe dëshirë për të siguruar një kredi të shpejtë, vetëm regjistrohen nëpërmjet znj Augusta Ibramhim përmes emailit: augustaibramhim11@gmail.com pobj. ju gjithashtu mund të më kontaktoni përmes këtij email: juliasimon460@gmail.com pobj. në qoftë se keni ndonjë dyshim. ju lutemi që ajo është i vetmi person i besueshëm dhe besnik.
    Faleminderit.

    BalasHapus