Rabu, 02 Mei 2018

BI Dapat 1.566 Aduan Kartu Kredit, Kasus Gestun Terbanyak


BI Dapat 1.566 Aduan Kartu Kredit, Kasus Gestun Terbanyak
Foto: Aristya Rahadian Krisabella
Jakarta, CNBC Indonesia - Sepanjang 2017, Bank Indonesia (BI) menerima pengaduan dan permintaan informasi di bidang sistem pembayaran sebanyak 16.810. Sebanyak 2.210 berupa pengaduan dan sebanyak 14.600 merupakan permintaan informasi.

Pengaduan konsumen pada 2017 meningkat 13,33% dari tahun 2016 atau dari 1.950 menjadi 2.210. Sedangkan untuk permintaan informasi, pada periode yang sama meningkat sebanyak 2.669 (22,37%) yaitu dari 11.931 menjadi 14.600.

"Pengaduan konsumen sistem pembayran didominasi oleh instrumen kartu kredit sebanyak 1.566 (70,86%) dengan pengaduan terbanyak disebabkan oleh adanya praktik gesek tunai/gestun, surcharge dan double swipe sebanyak 393," demikian laporan BI bidang Edukasi Konsumen seperti dikutip Rabu (2/5/2018).


Adapun laporan atau aduan soal etika penagihan oleh bank sebanyak 338 aduan dan produk yang digunakan oleh orang lain sebanyak 83 pengaduan.

Sementara, permintaan informasi terkait sistem pembayaran ke BI pada 2017 didominasi penyediaan atau penggunaan uang sebanyak 9.233 (64,24% dan disusul soal kewajiban penggunaan rupiah di wilayah NKRI.

"Seluruh pengaduan konsumen yang disampaikan kepada Bank Indonesia telah ditindaklanjuti dengan pelaksanaan edukasi, konsultasi dan fasilitasi," jelas BI.

Adapun rincian sebagai berikut: 
  • Edukasi dengan memberikan pemahaman kepada konsumen mengenai jasa SP; 

  • Konsultasi dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan penyelenggara apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan jasa SP;
  • Fasilitasi dengan mempertemukan antara Konsumen dengan Penyelenggara guna menyelesaikan sengketa yang mengandung unsur keperdataan. 


INFO PENTING…..!!!!! (GRATIS KONSULTASI)
APABILA ANDA MENGALAMI KENDALA DAN BERMASALAH DENGAN PERBANKAN KHUSUSNYA TAGIHAN KARTU KREDIT DAN KTA……..
SEGERA HUBUNGI !!!!!!!

1. Andy Kurniawan,SH (Managing Direktur Mediasi Pratama)

telp : 0857 3311 1988

SMS / WA : 0857 3311 1988        


2. Jeanne (Manager Konsultan)

Telp : 0822 4437 3534

Tidak ada komentar:

Posting Komentar