Senin, 14 Januari 2013

Edukasi Bank Kepada Nasabah Soal KTA Kurang!!!

 Kendati lebih mudah dalam persyaratan perolehan kredit, Bank Indonesia menilai untuk menjalankan usaha lebih baik nasabah menggunakan kredit modal kerja, ketimbang KTA yang memiliki bunga jauh lebih tinggi.(sumber : infobanknews.com)


Jakarta–Bank Indonesia (BI) mengaku akan mendorong perbankan untuk meningkatkan edukasi terhadap nasabah terkait dengan penawaran produk, dalam hal ini adalah kredit tanpa agunan atau KTA.
Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah tidak menepis bahwa keberadaan produk KTA memang ada yang dimanfaatkan oleh nasabah sebagai modal membuat sebuah usaha. Bank sentral sendiri melihat KTA merupakan kredit yang bersifat konsumtif, dan akan tetap menilainya seperti itu.
“Ini juga harus ada edukasi kepada nasabah, memang KTA itu lebih mudah (persyaratan kredit), tapi kan bunganya lebih tinggi. Jadi tetap harus pakai yang kredit modal kerja kalau untuk usaha,” ucapnya kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta, belum lama ini.
Bank sentral mencatat pada akhir November 2012, khusus pertumbuhan kredit konsumsi sendiri dalam setahunan melorot menjadi 12,1% dibanding pertumbuhan pada bulan sebelumnya, yang dalam setahunan masih tumbuh 18,9%.
“Ada beberapa faktor yang menyebabkan kredit konsumsi turun, sesuai dengan yang kita harapkan agar tidak terjadi bubble. Karena setiap jenis kredit konsumsi sebab-sebab penurunannya berbeda. Tapi yang jelas aturan LTV (loan to value) cukup berpengaruh dalam menurunkan (pertumbuhan) kredit konsumsi,” papar Halim.
Seperti diketahui, pada pertengahan Maret 2012 BI mengeluarkan aturan rasio pinjaman terhadap nilai aset yang dibiayai, atau yang akrab disebut LTV, maksimal sebesar 70% untuk kredit pemilikan rumah tipe bangunan di atas 70 m2. Selain itu, bank sentral juga mengeluarkan aturan uang muka untuk kredit kendaraan bermotor, yang ditetapkan minimal 30% untuk kendaraan roda empat.


INFO PENTING.....!!!!!
APABILA ANDA MENGALAMI KENDALA DAN BERMASALAH DENGAN PERBANKAN KHUSUSNYA TAGIHAN KARTU KREDIT DAN KTA........
SEGERA HUBUNGI !!!!!!!
  1. Andy Kurniawan,SH (Managing Direktur Mediasi Pratama)
    telp : 031-77297000 / 0813 6979 0688 / 0857 3311 1988
    pin bb 21567e37
     Putri (Manager Operasional) telp. 031-91448788 
  2. MEDIASI PRATAMA
    Kompleks Ruko Surya Inti Permata Blok F 6-7 lantai 3
    Jl. Jemur Andayani Kav 50, Surabaya.

    Demikian sekilas info, mudah-mudahan bermanfaat. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar